Senin, 18 Februari 2008

Manfaat Marketing Public Relations Bagi Perusahaan

Pencetus pertama kali MPR adalah Thomas L. Harris dan menurutnya MPR adalah:
Proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan-kesan yang menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, perhatian dan kepentingan para konsumen.

Berikut Manfaat MPR bagi perusahaan :
1.Membangun posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar
2.Membangun kepercayaan dan keyakinan konsumen
3.Membangun kembali, meluncurkan kembali, dan reposisi dari produk-produk yang
sudah jenuh
4.Membangun komunikasi melalui kelebihan manfaat produk/jasa
5.Mengikutsertakan karyawan dan masyarakat untuk mengenal produk/jasa
6.Membangun pasar yang baru dan lemah
7.Mengembangkan daya jangkau iklan
8.Mengatasi resistensi dari konsumen terhadap iklan
9.Membantu mengefisienkan keuangan
10.Membangun berita positif
11.Membuat iklan lebih kredibel
12.Memberikan suplementasi terhadap kegiatan iklan dengan menonjolkan manfaat produk
13.Menampilkan cerita produk lebih mendalam
14.Menambah eksposur dari produk-produk yang tidak dapat ditampilkan melalui iklan
15.Dapat mempengaruhi opinion leader
16.Dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kampanye sales promotion
17.Dapat mengidentifikasikan perusahaan dan produk dengan perbedaan etnik yang ada
18.Meningkatkan brand awareness melalui sponsorship
19.Dapat memberikan intepretasi yang tepat terhadap dampak dari issue yang mengganggu image pasar
20.Dapat mengkomunikasikan keputusan pemasaran sesuai dengan perhatian public
21.Dapat membantu mengatasi masalah-masalah produk yang sedang dalam resiko
22.Dapat menggairahkan bantuan dari para pengecer.

Tidak ada komentar: